Sunday, February 7, 2010

Tolong Profesional Dikit Ya Mas/Mbak/Om/Tante/Pak/Bu

"Huh, payah panitianya ngga prof banget!" Bukan sekali dua kali kita mendengar keluhan semacam itu. Bahkan bisa jadi beberapa kali kita lah yang mengeluh seperti itu. Kita semua rata-rata tidak pernah belajar secara formal mengenai profesionalisme, namun secara insting kita bisa paham seperti apa itu pekerjaan yang profesional.

Hayah, kok serius amat ya gue kali ini?

Gimana ya, saya memang cuma drop out-an kampus ngga terkenal, sudah 10 tahunan tidak membuat CV untuk kerja karena tidak menggunakannya lagi. Namun setidaknya saya selalu berusaha profesional dalam bekerja. Yah setidaknya berusaha agar klien atau patner kerja kita ngga bete-bete amatlah sama muka kita yang udah ngga terlalu nyaman dipandang ini. Beda cerita sih kalo muka kita kayak Angelina Jolie atau Tom Cruise.

Kayak apa tuh?

1. Janjian selalu tepat waktu, jika ada halangan wajib mengabari agar klien atau teman yang menunggu ngga bete. Lu kira klien kerjaannya cuma tidur-tiduran nungguin situ dateng? Ngga ada kesibukan lain selain menanti kehadiran dirimu seorang di muka bumi ini? Emang ente siapa? Sekjen PBB atau vokalis group band ternama dunia akherat?

2. Usahakan melaporkan progres pekerjaan jika itu sebuah pekerjaan yang tidak terikat kontrak kerja tetap. Misalnya sedang dikontrak mengerjakan proyek dengan limit tertentu, saya berusaha memberi informasi sejauh mana pekerjaan itu sudah saya lakukan. Jangan tau-tau ngilang tanpa kabar dan baru nongol setelah ditagih. Emangnya teroris buronan mas?

3. Jika berurusan dengan undang mengundang ke suatu acara, sebisa mungkin kirimkan undangan cetak atau email, setidaknya menelepon. Undangan melalui SMS hanya berlaku buat orang yang sudah kita kenal muka. Ingat itu. Saya pernah beberapa kali diundang ke acara dimana saya diminta jadi pembicara tapi cuma melalui SMS oleh orang yang wajah dan namanya saja ngga saya kenal. Buset deh, kagak mau modal amat? Nelpon gue bangsa 5 menit ngga sampe ngabisin ente punya sebulan gaji kan?

4. Hargai segala bentuk kerjasama. Kalau memang sudah ada ikatan kerjasama, tolong hargai mitramu itu. Jangan mentang-mentang nilai kerjasamanya kecil lantas memandang remeh patner itu. kalo emang kagak niat mending dari awal kaga usah kerjasama daripada cuma memandang kerjasama dari nilai duitnya aja. Situ niat cari duit doang, bukan memperluas network dan menjaga imej? Dagang gorengan aja di pinggir jalan. Dijamin cepet balik modal, deh!

5. Jangan pandang remeh deadline alias tenggat waktu. Deadline itu diteapkan demi mencapai target yang diinginkan bersama, untuk kebaikan semua pihak, misalnya agar budget ngga membengkak, efisiensi terjaga, jadwal semua orang bisa tepat waktu, ngga boros waktu, sebab waktu adalah uang atau waktu adalah nyawa blablabla. Lebih baik bekerja mendahului deadline daripada nyantai dan akhirnya malah melewati deadline. Lu kira semua orang di dunia mau nungguin kerjaan elu? Emang udah hebat banget ya elu sampe waktu harus dihentikan demi nungguin elu kelar kerja? Ente siapa? Albert Einstein apa Mark Zuckeberg apa Steve Jobs? Kalo ngga genius-genius amat jangan sesekali suruh orang sedunia nungguin kerjaan elu, okay?

Nah kayaknya itu dulu deh omelan gue hari ini. Hahahaha. Abis sering kesal sendiri menghadapi orang-orang yang kerjanya ngga profesional. Kebetulan juga sering menerima curhatan teman tentang klien atau patnernya yang kerjanya nyebelin banget. Kayak misalnya yang no.4 itu beneran terjadi sama sohibku sendiri. Mentang-mentang jadi media partner yang cuma pasang banner kecil, lantas dianaktirikan dalam hal undangan ke jumpa pers. Atau kalau yang no 1 dan 3 itu beneran gue alami. No 5 juga dialami sama seorang temen. Hmm kalo yang no 1 sih kayaknya hampir semua orang pernah ngalamin kali ya?

Sip deh, yuk kita sama-sama berusaha kerja profesional. Gue sendiri juga masih berusaha menjadi orang yang bisa kerja profesional dan masih banyak kekurangan. Cuma bete aja kalo berurusan sama orang yang udah kelewatan banget ngga profnya. Plis deh, kita ini sudah di dunia kerja, bukan dunia main-main anak sekolah. Percaya ngga sih, gue pernah berurusan sama mitra yang tingkat profesionalnya di bawah anak SMA? Ngga percaya kan? Sama, gue aja sampe speechless dan gila sendiri. Hahahaha.

Terus, kalo ada klien atau mitra kita yang ngga profesional gimana? Tinggalin ajalah, kalo masih temen sih bisa dikasihtau. Cuma kalo bukan siapa-siapa ya mending tutup buku aja. Cukup sekali aja kerjasama ama dia. Masih banyak kok orang di luar sana yang bisa bersifat profesional. Apalagi kalau kita sendiri cukup profesional, niscaya kita akan bersua dengan sesama manusia profesional juga. Amin.

No comments: