Sunday, February 7, 2010

Sekali Lagi, Cintai Hidupmu, Hidupkan Cintamu!!!

"Apakah orang yang hobi membaca akan bisa menulis?" Begitu pertanyaan seorang teman di status FB-nya. Pertanyaan itu menggelitik saya untuk menganalisa apakah manusia sebagai penikmat, kelak juga bisa menjadi pelaku?
Karena manusia terdekat dengan diri saya adalah saya sendiri, maka saya menjadikan diri sendiri menjadi objeknya.

Hasil analisa itu adalah:

a. Hobi makan bisa berakhir dengan keinginan memasak.
Kalau ini sepertinya mayoritas dari kita bisa melakukan. Setidaknya dalam kondisi kepepet, misalnya menjadi anak kos atau anak rantau di negeri orang, maka seseorang akan terpaksa memasak. Tapi saya kadang memasak karena kurang puas dengan makanan yang tersedia di luar. Jika ada makanan enak, misalnya kentang goreng, nasi goreng, atau sop, saya biasa mencoba membuatnya sendiri dengan harapan bisa lebih enak, lebih murah juga. Hehehe.

b. Hobi dengar musik, melahirkan obsesi bikin lagu.
Zaman SD, SMP, SMA dan kuliah dulu adalah era dimana saya tergila-gila musik. Jadi terpikirkan, "Masak sih gue ngga bisa bikin musik yang oke seperti mereka?" Maka saya sempat kursus gitar klasik, dan coba membuat beberapa lagu. Ternyata bisa dan beberapa teman menyukainya. Memang hanya berakhir begitu saja tanpa tindak lanjut merekam dan membuat demo. Namun setidaknya saya sudah mencoba dan bisa.

c.Hobi baca komik dan membuat komik.
Masih di periode yang sama, saya juga menggilai komik. Tintin, Asterix, Lucky Luke, Johan & Pirlouit, Smurf, dan sejenisnya. Lantas saya iseng membuat komik The Rockin', geng anak cewek metal. Sederhana sekali, di kertas HVS, dengan spidol dan crayon, lantas saya jilid. Lalu saya oper dari teman ke teman. Sampai ada teman yang meninjam dan tak mengembalikannya ke saya. Jadilah komik manual itu gone with the wind. Tapi saya yakin dia ogah mengembalikan karena dia suka. Jadi dalam hal ini saya sukses..hehehe.

d. Hobi baca menelurkan kemauan menulis buku.
Hobi dari mulai bisa melek huruf sampai hari ini. Berteluranlah buku-buku saya, artikel saya, cerpen, cerbung, tak terhitung lagi postingnan di blog dan Note FB. Mungkin ini memang bidang saya. Membaca banyak buku, artikel, tulisan, lantas mencernanya, menjadikannya referensi, dan mengolahnya dengan opini dan pengalaman menjadi buku. Not bad, sudah ada 4 buku yang saya tulis dengan nama sendiri, dan beberapa buku dimana saya menjadi ghostwriter dan asisten penulis. Kebetulan pula kini saya mencari nafkah dengan menulis. Kata Hilman, "Swimming in my ability."

e. Hobi browsing membuat penasaran ingin bikin web.
Untuk web, saya bukan sebagai desainer atau programmernya. Lebih sebagai pemilik ide, pengelola konten, penentu konsep. Netsains.com adalah wujud dari obsesi saya membuat web yang sesuai dengan bidang saya. Sebenarnya ingin juga membuat web personal, tapi kok belum ada waktu dan mood. Lagian takut ketara banget narsisnya.

f. Hobi nonton film juga mendorong untuk memproduksi film.
Wah maaf sejuta maaf, yang ini belum bisa kesampaian. Hobi saya memang nonton, dan menyukai film dari berbagai sisi: cerita, plot, pemeranan, grafis, musik, tata suara, pengambilan angle, setting cerita, dan sebagainya. Saya selalu dihinggapi obsesi ingin membuat film, namun begitu tahu bahwa itu proses yang melibatkan banyak sekali orang, keahlian, dan tentu saja waktu, energi dan biaya, saya merasa belum sanggup. Paling saya hanya bisa merasa iri saja jika ada orang mampu nikin film bagus, apalagi jika dia sesama orang Indonesia dan seusia dengan saya. (Yayaya, saya sebel pas tau Ayu Utami yang usianya cuma beberapa tahun di atas saya itu terlibat dalam film yang lagi heboh saat ini!!!). Awas ya, obsesi ini harus kesampaian!!!!

Masih banyak segudang aktivitas dimana saya masih berperan sebagai penikmat, belum pelaku. Misalnya saya sebagai penikmat kecanggihan teknologi, yang tentu saja mustahil saya menciptakan teknologi canggih. Bukan bidang saya. Saya juga penikmat kopi, yang kerap memunculkan ide untuk membuka kafe atau gerai kopi. Saya penikmat makanan, jadi pengen buka restoran.

Tidakkah hidup itu begitu indah, kawan? Kau bisa mencoba berbuat dan bereksperimen apa saja sesuai bidang yang kau sukai?

Love your life, love up your life!!!

Selamat berakhir pekan dan melakukan apa saja yang kau nikmati!
Depok, akhir pekan yang cerah, 31 Oktober 2009.

No comments: