Sunday, February 7, 2010

Bagaimana Agar Tetap Halal Ber-Facebook?


Para Facebooker Indonesia sedang heboh akibat ada pernyataan dari ulama Jawa Timur bahwa Facebook diharamkan. Sebenarnya ngga usah heboh lah, sebab ada trik supaya main Facebook bisa tetap halal.
Yang haram itu kan kalau ber-Facebook-ria dengan tujuan menjijikkan seperti menipu, cari mangsa buat dikerjain, majang foto porno, kirim spam dan virus, atau malah mencari -maaf- pekerja seks komersial yang memang ada yang "memasarkan" produknya di situs-situs gaul.

Nah, bagaimana biar kita berlaku halal di Facebook? Biar kita lebih banyak memetik manfaat daripada mudharatnya?

Salah satu tips di buku yang saya tulis, "Situs Gaul Gak Cuma buat Ngibul" (Gramedia Pustaka Utama) adalah, jangan memajang foto dalam pose tidak senonoh, berpakaian sexy, atau menimbulkan hasrat aneh-aneh yang melihatnya. Bukan apa-apa, walau body dan wajah kamu cukup memenuhi syarat sebagai model kalender bugil, tetap saja ngga etis kalau dipajang di situs gaul.

Suwer deh, aku masih suka nemuin cewek yg dengan cueknya mejeng di situs gaul dengan baju renang, tank top, menonjolkan hal-hal yang sudah cukup menonjol. Dan cowokpun ada juga yang bertelanjang dada serasa pemeran Baywatch (film jadul tentang penjaga pantai). Mungkin mereka abege yang lagi mencari jati diri atau memang sedang "jualan"?

Bukannya sirik, akan merugikan dirimu sendiri kalau kelak ada orang iseng yang menyebarkan fotomu di dunia maya dan menyebarkan fitnah seolah-olah kamu ini PSK online, atau apalah itu sejenisnya. Gini hari bukan ngga mungkin itu kejadian, mengingat ada banyak oknum iseng, jahil, kriminal, berkeliaran di dunia maya.

Jadi foto seronokmu bukan cuma mengundang fitnah dan sirik, melainkan juga merugikan kredibilitasmu sendiri. Bukan ngga mungkin kelak saat kamu mau dapat promosi jabatan atau bahkan jadi caleg atau capres, foto seronokmu itu kembali beredar plus komplit dengan fitnah aneh-aneh.

Saat itulah kamu baru menyesaaaaaal dan termehek-mehek. Tapi semua sudah terlambat.

Itu cuma salah satu tips di buku saya.
Tips-tips lain buat para Facebooker biar bisa tetap ada di jalur halal bisa lebih lengkap disimak di buku terbaru saya. Hehehe.

No comments: