Sunday, February 7, 2010

Novel yang Aneh–Sub Chapter Idiotisasi Melalui TV

Ini adalah salah satu partikel Novel yang Aneh, Chapter tentang Republik Endonez. Tidak ada tokoh yang disebutkan di chapter ini sebab memang hanya deskripsi mengenai Endonez, negara tempat Johnkecops Kleinsteuber dan Kunderemp Narkaulepsy dikirim ke masa lalu dengan mesin waktu, untuk meralat sejumlah kesalahan yang diperbuat petinggi-petingginya. Pada situasi dunia yang full konspirasi, hanya ada satu solusi: mesin waktu.

* * * *

“Bunuhkan TV. Benda itu sudah bikin otak buntu. Isinya hanya selebritas yang tak peduli perut pemirsanya merintih minta diisi atau uang SPP anak belum dibayar. Lebih kejam lagi, mereka menyanyi tentang sekolah gratis yang tak pernah ada di kampung kami,” keluhan warga miskin Republik Endonez.

Kalau sadar benda itu sudah mengidiotkan rakyat, kenapa diizinkan? Ya jelaslah, sebab TV hanya media program idiotisasi rakyat jelata, hasil kolaborasi pemerintah dan pemilik modal yang ingin mereka terus berjaya sepanjang masa.

Jadi apa tujuan dari TV?

1. Meninabobokan rakyat dengan aneka video klip berisi penyanyi dan groups musik idola mereka beserta lagu menyek-menyek plus penari jungkir balik yang udelnya kemana-mana. Syukur kalau ada yang tanktopnya melorot atau branya putus, kan amal.

2. Merayu rakyat agar membeli produk-produk canggih walau faktanya tak secanggih yang dijanjikan, agar pemilik modal untung terus dagangannya laku. “Mau putih dan cantik? Oleskan saja krim cap Bidadari Kentut di sekujur tubuh Anda setiap pagi, siang, sore, malam, tengah malam, subuh, kalau perlu ngga usah tidur dan kerja, oles-oles krim terus biar cepat habis dan beli lagi.”

3. Memberi mimpi-mimpi basi tentang sekolah gratis, program pemerintah nan canggih dan selangit, tentang masa Republik Endonez yang cerah ceria, agar rakyat tak henti berharap dan berfantasi hidup mereka akan lebih baik dari hari ini tanpa usaha apapun, cukup bengong di depan TV. “Sekolah gratis ada dimana-manaaaaaaaa.........mau jadi presiden? Mau tak? Gampang! Sekolah kan gratis kalau pemiliknya nenek moyang elo.”

4. Menghibur rakyat dengan infotainmen soal artis kawin cerai, selingkuh, KDRT, narkoba, rebutan warisan, agar rakyat merasa hidup mereka lebih bahagia daripada para artis yang kemana-mana naik BMW dan Mercy, Blackberry berceceran dimana-mana, berlian membungkus tubuh, tas Prada dijadikan tas bungkus pampers, dan sejenisnya.

5. Menghipnotis rakyat dengan sinetron striping penuh wajah kinclong, full make up di tempat tidur, adegan tampar menampar, sofa Da Vinci, Blackberry dibawa ke kamar mandi (saking kayanya dan stok dimana-mana), sepatu Manolo buat ke pasar induk beli tempe bongkrek, hantu cantik bergaun Versace, berakhir dengan plot rintihan anak tiri. Tiada habisnya sampai mata pecandu sinetron rabun ayam.

6. Mencandui rakyat dengan reality show berskenario full adegan penguntitan suami/istri/pacar/tunangan/selingkuhan yang ke hotel kelas melati lalu dilabrak, digebuki, menangis, merintih, serta pembawa acara berceramah singkat tentang moralitas kehidupan. Ihik ihik..

7. Menggurui rakyat dengan tayangan motivasi diri untuk selalu berbuat baik, berpikir positif, bekerja lebih giat, berusaha lebih keras kalau perlu sampai mati. Sementara pejabat, bos-bos, pengusaha, tak pernah henti mengoleksi istri simpanan, kasak-kusuk menutupi korupsi, bagi-bagi kursi kekuasaan, bikin UU agar dapat proyek tambahan, dan sejenisnya.

8. Aneka berita dan informasi sepak terjang penegak hukum, menteri, pejabat, pengusaha berhati mulia, sumbangan sekian miliar buat korban banjir dan bencana bom, janji Pemilu, reporter bergaya pakar mengomentari tetek bengek peristiwa, seolah pemirsa adalah mahluk bodoh dengan otak di dengkul yang akan menelan apa saja yang mereka katakan.

9. Kuis berhadiah sekian ratus juta miliar triliun bagi pengirim SMS dan penelepon tebakan bodoh seputar merk celana dalam yang dikenalan pemain bola ternama atau ukuran bra penyanyi dangdut goyang buldoser. Ayo rakyat miskin, tambah miskin dan mampus sana demi membeli pulsa untuk impian hadiah menjadi jutawan sableng.

10. Iklan ramalan jitu Mama Loreng atau Ki Joko Gemblung seputar nasib, jodoh, arti nama, arti bentuk betis, arti lekukan puser, jumlah bulu ketiak, tahi lalat, tahi kucing, dan tahi babi. Terus saja ketik REG spasi NGIBUL kirim ke 666 dan dijamin Anda bangkrut kelaparan karena utang numpuk buat beli pulsa bahlul.

No comments: