Sunday, February 7, 2010

Antara ITB, UI, dan Saya

Pernah suatu ketika saya ngobrol sama teman yang bukan alumni ITB maupun UI, nggosipin dua kampus ternama di republik ini sampai bibir kita item. Anak ITB itu blablablabla, anak UI itu ginigininigini. Lalu nyenggol dikit soal kampus lain kayak UGM dan IPB. Maaf, yang kampusnya ngga kesebut ngga usah iri. Nggosipin kampus-kampus terkenal memang asoy geboy, selama kita bukan bagian dari mereka.

Dalam obrolan itu, dibahas bahwa belakangan saya merasa dikelilingi orang-orang ITB dan UI. Mungkin ini yang namanya law of attraction. Jika mau dirunut, ceritanya zaman mau lulus SMA dulu saya harus berpikir mau kuliah kemana. Karena saya cuma bisa menulis dan menggambar, maka pilhan saya hanya dua: kuliah jurnalistik atau desain grafis. Buat jurnalistik dulu tekad saya sudah bulat mau kuliah di kampus bekasnya Iwan Fals, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) yang jurusan jurnalistiknya jadi semacam pabrik jurnalis sampai hari ini (Andy F Noya), tapi ada juga yang nyasar jadi selebriti lawak (Eko Patrio, Ulfah). Menggambar? Ya desain grafis ITB lah, apa lagi? Mau IKJ katanya mahal.

Ternyata saya terlalu malas buat ikut tes penerimaan mahasiswa buat kampus negeri (lupa apa istilahnya zaman itu, sebab gonta ganti mulu namanya). Kalo ngga salah saya malah nonton konser Metallica di Lebak Bulus atau konser apalah saya lupa. Jadi jelas ngga masuk ITB dong, daftar aja ngga. Saya langsung nyungsep di IISIP saja lah yang gampang masuknya ngga pake belajar apa-apa. Hihihi. Mau kuliah aja kok repot belajar.

Jadi selamat tinggal, ITB.

Ternyata sekian tahun kemudian, hidup saya malah berkutat dengan manusia-manusia ITB. Dari mulai rektornya, mantan rektornya, dosennya, mahasiswanya, alumninya, sampai anggota wali amanahnya. Mungkin gara-gara saya waktu jurnalis kebagian desk liputan sains dan teknologi. Jadi ketemunya Onno Purbo, Budi Rahardjo, Adinoto, Kusmayanto Kadiman. Lantas berurusan juga lah dengan teman-teman alumni sana model kayak Fahmi, Fajri, Husni. Ndilalah kantor saya terakhir juga bosnya wong ITB, Betti Alisjahbana, dengan rekan yang juga ITB. Eh, di luaran gaulan saya juga seputar ITB lagi, Wimar Witoelar, Fadjroel Rahman, dan sebagainya. Banyak lah segala hal yang menghubungkan saya dengan ITB. Beberapa klien juga ternyata jebolan kampus itu.

Yeah, ngga jadi kuliah di ITB tapi teman saya banyak yang ITB.

Nah, cerita dengan UI adalah, saya sering dikira alumni UI. Busjrut deh. Bisa jadi akibat saya tinggal di Depok atau apa ya, entah. Beberapa kali dituduh sebagau "anak UI", kalau saya ralat biasanya si penuduh jadi kecewa dari raut wajahnya. Waktu bedah buku saya setahunan lalu, semua peserta bedah buku sudah berharap saya anak UI. Waktu saya bilang, "Saya penah kuliah di IISIP", nada mereka yang awalnya antusias jadi agak down. Belasan kali kalau kenalan sama orang, juga dituduh sebagai anak UI.

Namun tuduhan-tuduhan itu ngga terlalu meleset juga, sebab memang saya banyak juga kenalan orang UI. Kantor pertama saya dulu senior-seniornya jebolan UI, pemred saya Aristides Katoppo, malah aktivis UI, juga beberapa sahabat seperti Carlos, Sulung, Adam, Adiseno, dan sebagainya. Ndilalah ya sekarang saya tunangan sama akademisi UI, yang keluarganya berhubungan dengan UI semua. Teman di FB sini juga yang UI seabrek-abrek.

Begitulah kisah antara saya, ITB, dan UI. Walau berasal dari kampus tidak terlalu ternama, saya ngga pernah minder bergaul sama mereka, justru merasa dekat dan menjadi bagian mereka.

Thanks ya buat temen-temen ITB dan UI yang berteman, menerima saya apa adanya sebagai diri saya sendiri, bukan karena embel-embel kampus saya.

No comments: