Sunday, February 7, 2010

Menjadi Kaum Pendobrak

Sejak kecil, saya tidak pernah mengidolakan artis, musisi, politikus, penulis, seniman, yang merupakan keturunan dari tokoh sukses sebelumnya. Apalagi kalau mereka ada di bidang yang sama. Misalnya saja, saya ngga salut-salut amat sama Julian Lennon, anak John Lennon. Atau Lisa Marie Presley, anak Elvis Presley.

Saya lebih salut dengan mereka yang berlatar belakang keluarga biasa saja, namun mampu sukses di bidangnya. Biasa saja di sini bukan berarti keluarga itu tak punya kelebihan, tapi memang tidak seterkenal si anak pada masanya.
Sebut saja contohnya Benyamin S, Soekarno, Barack Obama, Chairil Anwar, Soe Hok Gie, Madonna, Iwan Fals, dan semua yang bisa digolongkan sebagai "kaum pendobrak". Saya sebut demikian karena memang mereka mendobrak nasibnya sendiri, mengubah "takdir" keluarga. Bukan berasal dari keluarga yang memang sudah berlimpah ruah kesuksesan dan jalan emas menuju puncak., melainkan mereka menciptakan jalan itu sendiri dengan kerja keras.

Pernah ada sebuah acara TV yang mengupas suka duka anak para tokoh ternama, seperti Christina Onasiss dan beberapa lagi (saya lupa). Dikisahkan bahwa menjadi anak orang hebat itu tak selalu enak, lebih banyak duka daripada suka, hidup di bawah bayang-bayang nama besar orang tua. Mungkin ada benarnya. Kita tak bisa memilih ingin menjadi anak siapa. Ada yang lahir brojol sudah jadi anak presiden, ada yang brojol jadi anak pengamen jalanan atau bahkan orang gila yang menari telanjang di jalanan. Siapa bisa memilih?

Masalahnya adalah apakah kita memang ingin menjadi pendobrak atau hanya sekedar peleyeh-leyeh penikmat nama besar orang tua. Hanya maaf saja saya tetap tak pernah bisa terlalu bangga dan simpati sama yang dilahirkan penuh dengan keberuntungan. Bisa jadi karena saya sendiri lahir dari keluarga yang bukan tokoh ternama atau apalah itu. Hanya keluarga orang biasa. Atau mungkin ada rasa cemburu dalam hati kecil saya alias sirik tanda tak mampu? Ya ngga apa sih, sebab kata orang, justru karena cemburu itu maka bisa jadi lecutan perjuangan menuju sukses. Seolah ada letupan untuk membuktikan, "Biar bokap gue kagak sesukses bokap elo, tapi gue bisa lebih sukses dari elo!". Gitu kali ya?

Bagaimana dengan kamu?
Apakah kamu juga tergolong yang ingin menjadi kaum pendobrak, atau justru sudah menjadi pendobrak?

Oops sori, notes ini ditujukan buat teman-teman yang berasal dari keluarga biasa aja lho, bukan anak orang top..hehehe.

No comments: