Sunday, February 7, 2010

Gelar "Dagangan"? Sopan Dikit Dooong!

"Jejaring sosial adalah tempat untuk bersilaturahmi," ujar Nukman Luthfie kepada saya di suatu pagi di kafe bilangan selatan Jakarta. Statemen itu juga yang saya garisbawahi di buku yang saya tulis, "Situs Gaul Gak Cuma Buat Ngibul" (Gramedia Pustaka Utama, Mei 2009).

Walau saya tekankan di jejaring sosial seperti FB ini kita bisa mencari jodoh, kampanye, membentuk citra diri, bahkan memperluas bisnis, bukan berarti kita menganggap FB adalah biro jodoh, alun-alun buat kampanye, ajang narsis atau pasar buat dagang. Sama sekali bukan. Orang yang ada dalam jejaring kita adalah manusia, punya perasaan dan hati, punya privasi, dan mereka dikatakan sebagai teman kita walau tak kita kenal baik semuanya. Maka selayaknya manusia dan teman, tolong perlakukan mereka sebagai manusia.

Bukan saya saja, pasti semua FBers mengalami hal dimana Inbox kita dibombardir pesan ngga jelas dari seorang "teman" FB, yang dikirim ke banyak orang sekaligus. Istilahnya "thread". Lantas jika ada yang membalas pesan itu, akan masuk juga ke Inbox kita, padahal kita ngga kenal dia siapa, apa yang diobrolin, Jaka Sembung banget deh!

Hal seperti ini biasanya saya cuekin aja kalau ngga terlalu ganggu, atau memang mood saya sedang bagus. Kalau lagi bete paling tahu2 saya klik "Report as Spam". Tapi beda jika pelakunya orang yang kita kenal, atau setidaknya cuma kenal di FB, pernah komenin status kita atau ada basa basi dikit lah. Buat mereka saya masih tolerir lah. Setidaknya dia menganggap saya manusia, sebab masih ada basa-basi. Jadi saya perlakukan dia juga sebagai manusia, bukan mesin.

Gangguan juga ada saja selain di Inbox, misalnya di Wall, News Feed, atau ujuk-ujuk status kita diserbu dengan komentar isinya iklan. Bujug deh. Kagak pake permisi or assalamualaikum ujuk2 tuh mahluk main nongol aja di "halaman rumah" FB kita dan gelar dagangan. Persis tukang dagang keliling door to door. Eh tapi mereka masih sopan, sebab masih mengetuk pintuk. Kalau yang di FB ini justru tau2 sudah gelar dagangan di teras rumah, teriak-teriak ke semua tamu kita soal dagangannya. Walah mas, nafsu amat ente dagang, takut keburu kagak makan ya anak bini di rumah? Ini halaman rumah orang woi, bukan pasar induk! Dagang di pasar aja tetep kudu izin dan bayar sewa kan??? Nah enta kaga kenal, kaga permisi ujuk2 tereak2 nawarin dagangan. Bujug dah, katanya melek teknologi tapi kok miskin etika? Nah buat yang beginian saya biasanya akan memperingatkan. Tapi kalau dia bandel ya apa boleh buat, REMOVE!

Pagi ini saya baru saja memblok seorang "teman" FB. Habis dia terlalu sering kirim thread ke Inbox saya. Saya sudah bilang baik-baik agar saya dihapus saja dari daftar postingan dia. Eh dia malah nantangin suruh saya remove dia saja kalo ngga suka. Saya masih sabar dengan memberi advis, sebaiknya kalau mau promosi opini atau artikel itu di Notes FB, jangan di Message. Eh dia malah bilang saya pro SBY, dan sejenisnya. Lho apa hubungannya coba??? Aneh bin ajaib. Karena dia jauh lebih tua dari saya, maka saya diamkan saja, takut kuwalat. Olala, ternyata subuh tadi dia masih kirim pesan aneh-aneh. Bujug deh nih orang, didiemin malah ngelunjak. Oke deh, saya BLOK saja ya, bapak tua berjiwa muda meletup-letup.

Fyuh, banyak manusia aneh ya di FB ini. Apakah kalian juga mengalami, atau malah jadi salah satu manusia aneh itu? Hahahaha!

No comments: