Sunday, February 7, 2010

Obsesi yang Belum Kesampaian...

Saya selalu mengkhayal bahwa buku pertama saya adalah sebuah novel. Sebab sejak SD sudah hobi bikin cerita sendiri, sampai cerita yang saya khayalkan menjadi film. Weleh. Tapi suwer deh. Mesin tik tua Brothers milik kakek saya jadi saksi sudah berapa halaman kertas HVS saya korbankan untuk disiksa dengan ketak ketik yang brisik itu. Yang kalau salah harus modal tipex kertas atau kadang penghapus yang dipaksakan sampai kadang kertasnya bolong.

Waktu pertama cerita bersambung saya dimuat di Hai kelas 1 SMA dulu, ada senang ada sebelnya juga. Senang melihat nama saya terpampang di majalah idola saya itu. Sebal karena ngirimnya sudah dari SMP dolo kaleeeee, kok dimuatnya pas gue udah SMA. Ngga sekalian aja dimuat pas gue udah nenek-nenek aja? Xixixixix! (Ketawa sok imut niru abege masa kini ah).

Lalu sejak itu saya memutuskan bahwa menulis adalah jalan hidup saya. Sempat sih kepikiran mau ambil kuliah desain grafis, secara ada sedikit bakat dari bokap yang pelukis. Tapi saya malas belajar memperdalam seni lukis, modalnya mahal dan ribet: kanvas, cat minyak, kuas, dan semua tetek bengek yang bakal bikin repot itu. Mendingan nulis. Cuma modal mesin tik sama kertas aja. Zaman itu komputer masih segede gajah dan mahal banget, jadi ngga kepikiran pengen beli buat saya yang masih kelas 1 SMA. Astaga jangan bayangkan saya hidup di tahun 70-an ya. Ngga sejompo itu kok. Saya SMA yah sekitaran dekade 90-an. Hohoho. Zaman itu laptop belom kebayang di kepala.

Komputer pertama saya dibeli dengan hasil keringat saya sendiri sekitar 6 tahun lalu. Dulu waktu belom gablek komputer selalu bilang, "saya harus bikin novel dengan komputer itu!". Tapi boong ding. Faktanya kerjaan sampingan saya sebagai jurnalis adalah bantuin orang atau LSM bikin buku. Kebanyakan diterbitkan tanpa menyertakan nama saya, sebab saya sudah dibayar gede, alias saya menjual hak cipta ke mereka. Ngga apa deh, demi bisa beli rumah someday, demikian kata saya waktu itu.

Tapi saya tetap nulis beberapa novel, dan ngga selesai. Ada yang saya taruh di blog dan pembacanya penasaran kapan tuh cerita mau selesai. Embuh deh, udah kehilangan mood dan waktu dan energi dan apapun itu yang bisa saya jadikan alasa. Xixixixi (lagi). Buku saya selanjutnya lagi-lagi non fiksi dan berbau teknologi. Akibat jadi jurnalis sains dan teknologi selama enam tahun, bikin saya mau ngga mau akrab sama yang namanya ilmuwan deh. Dan dunia itu sampai sekarang jadi dekat banget sama saya yang sehari-hari ngurusin web sains populer. Dan buku saya selanjutnya masih berkutat tentang teknologi, walau saya sudah memulasnya dengan bahasa ngepop dan gaul abis sesuai kemauan penerbit.

Soal penerbit ini saya juga agak bingung. Saya ngga pernah mau yang namanya melamar kerja atau ajukan ide penulisan ke perusahaan besar. Alasannya simpel saja, saya malas kecewa ditolak. Eh ndilalah malah mereka yang mengontak saya dan meminta saya menulis. Ya alhamdulilah aja. Sekarang saya sudah diuber lagi disuruh nulis buku selanjutnya, dan oleh penerbit lain lagi juga. Jadilah hari-hari saya diuber-uber deadline nulis buku non fiksi. Ngurusin web pun ya web yang non fiksi bahkan sangat eksak.

LALU KAPAN SAYA BISA NULIS NOVEL?????!!!!!!!! (Teriak nih asli)

Menulis novel sampai selesai berwujud buku (kalau yang cuma 50 halaman lalu nggantung di laptop sih udah banyak) adalah impian yang belum kesampaian sampai hari ini.

Eh ada satu lagi obsesi lain. Jadi vokalis group rock! Oh yeah baby! Let's rock n roll tonight!!!! Yeaaah!!!
PS: Buat Mbak Eni: Maaf, aku ndak layak kasih endorsement buat novelmu sebab aku sendiri belom pernah membrojolkan novel..huhuhuhuhuhuhuuhuhu
h!!! Ntar yang ada diketawain orang mbak!

No comments: