Sunday, February 7, 2010

Sekolah Gratis Online Itu Bernama Netsains.Com

Ilmu pengetahuan itu semestinya bisa diakses gratis oleh semua orang.

Knowledge based society alias masyarakat berbasis ilmu pengetahuan sudah lama diwacanakan pemerintah dan orang-orang pintar negeri ini. Entah sampai dimana usaha mereka menuju ke arah itu, saya kurang paham. Sebab daripada nyinyir menggosipkan orang lain, lebih baik kita berjuang sesuai kompetensi kita.

Bagi saya yang setiap hari melihat anak-anak kecil mengamen di jalanan, mengemis, tidur di emper toko, tidak kenal sekolah, pengangguran merokok di pinggiran jalan, menggodai atau bahkan mencopet orang lewat, merasa bahwa mereka bisa hidup layak suatu hari nanti andai saja mengenyam pendidikan. Tidak selalu pendidikan formal, sebab yah kita tahu sendiri biaya pendidikan kian hari kian tak terjangkau rakyat kecil. Iklan sekolah gratis sudah pasti hanya ada di iklan atau entah apakah itu nyata, saya belum bertemu orang yang menikmatinya. kalaupun gratis hanya SPP-nya saja, sedangkan buku, seragam dan iuran macam-macam masih belum gratis.

Lupakan saja pendidikan formal buat anak jalanan atau mereka yang memang tak suka pendidikan formal, termasuk saya. Ya, sejak dulu saya benci sekolah. Tapi saya paham bahwa ilmu pengetahuan itu wajib dimiliki semua orang.

Mengembangkan bakat untuk menjadi kompetensi yang mampu dijadikan penghasilan hidup, adalah yang utama. Memang tidak semua minat bisa dikembangkan dari pendidikan formal. Untuk bakat seperti menyanyi, menulis, belajar bahasa asing, berbisnis, dan sejenisnya, okelah bisa kita asah tanpa pendidikan formal. Tapi bagaimana dengan mereka yang berminat di bidang fisika, biologi, kimia, matematika, yang pastinya harus didalami di pendidikan formal?

Untuk itulah kenapa saya menghadirkan nyaris semua cabang ilmu di Netsains.Com. Sains memang selama ini identik dengan ilmu eksak saja, biologi, filsafat, kimia, matematika. Orang lupa bahwa bahasa, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya juga bagian dari sains. Saya ingin membuat orang sadar bahwa sains sesungguhnya tak mengenal batasan eksak dan non eksak. Sains adalah segala pengetahua yang berhubungan dengan keseharian kita, kebutuhan kita.

Sampai hari ini ada sekitar 800 tulisan di Netsains.Com, dari beragam cabang ilmu. Penulisnya adalah ilmuwan, pengajar, mahasiswa, jurnalis, pebisnis, bahkan ada yang mentri dan guru besar. Semua berupa sharing pengalaman dan ilmu yang mereka miliki, sesuai dengan kompetensi dan minatnya. Dan jumlah itu akan terus bertambah, sebab kiriman tulisan dari para kontributor terus berdatangan tanpa henti.

Semua bisa diakses gratis, kapan saja, dimana saja, oleh siapa saja. Cukup pilih saja apa cabang ilmu yang jadi minatmu, kamu bisa dapatkan di Netsains.Com.


Ketika mendirikan Netsains.Com dulu, tak terbayang web ini bisa menjadi semacam sekolah atau kampus online gratis buat siapa saja. Dulu tujuan saya hanya ingin agar semua orang sudi berbagi pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki, lalu saya iseng mengkategorikannya ke dalam cabang-cabang ilmu. Siapa duga kini sudah nyaris 1000 artikel kami bagikan secara gratis, dari para kontributor yang luar biasa dari pelosok negeri. Merekalah dosen-dosen luar biasa Netsains.Com yang hanya bisa saya beri honorarium dalam bentuk doa dan terimakasih semoga amalnya membuahkan pahala.

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Hadis Nabi Muhammad itu kami pegang teguh di Netsains.Com. Kami ingin web ini bisa memintarkan semua orang, memberi ilmu pengetahuan gratis tanpa henti.

Andai Tuhan mengizinkan, saya ingin kelak Netsains.Com bisa menjadi sekolah gratis online sungguhan yang diakui. Yah, sebuah mimpi di siang bolong. Sekarang cukup puas dulu menjadi sekolah gratis di dunia maya secara informal.

Boleh dong bermimpi?

1 comment:

Anonymous said...

hehe, saya juga punya cita2 punya skolah gratis mba setelah saya pulang studi nanti..
maka dari itu, saya skr lagi ngumpulkan modal untuk bisa bikin sekolah di ina :D
Tapi kapan saya pulang ya?
Mungkin.. 7-8 tahun lagi, hehehe
kalo misal saya sudah pulang dan mau bangun skolah, saya kontak mba ya..hehe