Sunday, February 7, 2010

Dilihat Boleh, Disapa Jangan (Kalo ngga level)

Ada fenomena menarik seiring dengan kemajuan teknologi belakangan ini. Katanya teknologi itu untuk mempermudah segala hal, termasuk komunikasi. Tapi kini justru teknologi mempersulit komunikasi.

Ngga percaya?

Dulu, ketika beri hitam alias Blackberry alias BB belum merangsek ke Indonesia, saya merasa sangat terbantu dengan Yahoo Messenger (YM). Komunitas dunia maya pasti juga sudah tak bisa lepas dengan YM ini, dimana kita bisa ngobrol, curhat, nggosip, bahkan transaksi bisnis dan wawancara orang secara langsung begitu terkoneksi ke Internet. Kalau ada hal penting, ngga usah susah-susah memencet tombol ponsel dan rugi pulsa, tinggal online saja dari kantor atau mana saja, siapa tahu orang yang kita butuhkan sedang online.

Di YM ada status pilihan: Busy, Available, dan seterusnya, yang menjadi notifikasi dimana user-nya mau diganggu atau ngga mau. Dari situ saja kita sudah paham siapa teman kita yang sudi diajak ngobrol apa ngga.

Lantas muncul aplikasi Mobile YM, dimana YM ditemplokkin ke ponsel. Asyik juga, sebab bisa chatting dimana saja, kapan saja, bahkan sambil tiduran dan leyeh-leyah tanpa harus buka laptop. Irit batre. Di zaman ini, saya masih bisa menyapa teman-teman via YM. Hanya kalau ketahuan mereka lagi sibuk , paling balasannya lama. Ya bisa dimaklumi, siapa tahu lagi nyetir mobil atau meeting, hanya iseng nyolong-nyolong ol di YM..hehehe.

Nah, sejak BB alias berihitam menjadi euphoria, dan ia menyertakan YM di dalamnya, maka banyak pengguna BB yang tetap ol di YM 24 jam tanpa peduli dia lagi beol, bobok, kencan, dimarahin bos, nguras kolam, atau nyuci spre bekas ompol anak. Intinya, dia kelihatan ol di YM, tanpa status apapun, tanpa notifikasi dia lagi sibuk apa memang rela dikirimi spam apa mau diajak nggosipin bos yang lagi bisulan.

Penuh misteri. Hanya dia ol, itu saja. Kalau disapa, jawabannya bisa 24 jam setelahnya, atau bisa juga langsung namun hanya jawaban basa-basi sekenanya.

Makin lama makin banyak teman YM sejenis itu. Kalau kutanya, "Kok lama jawabannya?" Mereka bilang, "Maklum Mer, ol dari BB, ngga bisa langsung jawab dan aku sambil sibuk macem-macem."

Ohhh pahamlah saya.
Mereka pemilik BB ini ol di YM secara sengaja 24 jam dengan pesan implisit:

"Saya sudah tambah canggih sekarang, ol 24 jam dari BB. Tapi jangan harap saya ada waktu chat sama kamu, sebab saya sekarang manusia super sibuk. Waktu adalah uang! Uang buat bayar kreditan BB ini dan BB-BB lain yang akan saya beli untuk seluruh anggota kerluarga saya, bahkan juga saya harus kerja keras buat menyediakan budget membeli BB terbaru yang akan segera dilauncing. Jadi, jangan harap saya jawab YM kamu dengan segera seperti dulu ya. Kasian deh kamu, belum gablek BB, jadi kerjanya chatting mulu di HP jadul dan laptop! Saya hanya mau melayani sesama pengguna BB. Jadi kamu bisa chat sama saya kalo sudah punya PIN BB! "

No comments: