Sunday, February 7, 2010

Faktor yang Bikin Statusmu Laku Apa Ngga...

Seorang teman usul pada saya untuk menulis tips bagaimana status FB bisa banjir komentar. Kata teman yang hobi berdongeng soal geologi itu, ada temannya yang kalau bikin status selalu sepi komentar, sampai ia juluki sebagai fakir komentar.

Malah sang pakar geologi ini usul agar saya menulis buku khusus soal itu. Weks, pasti bukunya kecil mungil, tipis, dan dipajang bareng rokok di meja kasir, donk? Jadi saya tulis di sini saja ya. Ini bukan tips sih, tapi lebih ke faktor-faktor yang menyebabkan rame dan sepinya komentar di status. Tipsnya kapan-kapan ah, lagi males mikir yang susah-susah neh.

Ada beberapa faktor yang bikin status rame dikomentari:

1. Ente top apa ngga?

Walau status FB atau Twitter-nya cuma "Ahhhhhhh", "Cape deeeeeh", "Aduuuhhh", dan 1-2 kata ngga penting tanpa arti, jika ente memang ngetop, popular sampai ke Ujung Berung dan Bojong Kenyot, maka dijamin status FB/Twitter ente akan panen komentar.

Justru status yang hanya pendek dan nggantung itu bikin semua orang penasaran, menebak-nebak, sampai sudi berkomentar panjang lebar mengalahkan buku telepon panjangnya. Kalau bisa komennya ngga cukup sekali, tapi sahut-sahutan sama komentator lain, bahkan berantem dan perang panas. Tak heran, status ala kadarnya seperti , "Oohhhhh", kalau yang bikin orang top banget maka bisa memancing komentar sampai puluhan, ratusan, bahkan ribuan!!!

2. Ente cakep apa ngga?

Walau ngga ngetop, kalo memajang foto cantik/sexy/semlohai/ganteng di FB/Twitter, dijamin deh statusmu juga bikin orang sudi memberi komentar. Ngga usah bagus-bagus amat statusnya. Cukup kata-kata ngga penting semacam, "Aihhhh panasnyaaaaaaa", atau "Auuuwww ngga bisa bobo", atau bahkan cuma "Eheeeeemmmmmmmmmmm aaarggggg," dsb.

Beruntung kalo memang kamu sungguhan cantik/sexy/semlohai/ganteng, bukan cuma fotonya aja. Maka fans setiamu akan bersedia mengomentari statusmu 24 jam full.

3. Ente becus nulis ngga?

Becus nulis di sini artinya bukan jadi penyair atau editor atau novelis. Cukup becus dan mau ngetik status dengan jelas. Kalo ente udah kagak top, kagak cakep, eh nulis statusnya belepotan, males deeeeeeh.

Yang pasti jangan pake bahasa SMS disingkat-singkat atau kata anak sekarang bahasa Alay seperti: "W g mo capsus dl, katax da acr cool", atau "keknya w skt nie, ke t4 w dunk," atau "knp nge kt jd brantakan gn, slh sapa?".

Yeah, memang tetap ada yg komentar sih, walau hanya sebatas temen2 deketmu aja atau sesama umat pengguna bahasa brntkn ga jls yg bkn mls ksh komen. Weks, ketularan nih! Intinya, tulislah status yang mudah dipahami siapa aja, jangan cuma dimengerti oleh kalangan tertentu. Ya, pakai aja bahasa sehari-hari asal nyambung, ngga usah bahasa lebay atau alay. Tapi kalo situ masih merasa abegeh dan males gaul sama kalangan luas, ya monggo saja. Selamat ber-alay-ria! Ditunggu ya kabar berdirinya Republik Alay nan Lebay.

4. Ente becus pilih topik ngga?

Kalau topik yang lagi hot soal Bank Century, tau-tau ente baru pasang status topik terbunuhnya Noordin M Top, walah jadul amat? Pilih topik yang evergreen alias ngga bakal basi, atau sekalian topik yang memang belum banyak orang tau tapi keren, atau sekalian aja melucu, mengutip kata-kata orang bijak, jauh lebih aman daripada status sotoy (sok tau) tapi ternyata basi abis.

5. Ente rajin komen status orang juga ngga?

Maunya dikomentarin, tapi ngomentarin status orang kagak. Emang sih, teman kita yang triliunan jumlahnya tak memungkinkan kita komentarin satu-satu. Bisa kagak tidur dan makan dong? Minimal, ingatlah siapa orang yang rajin komen statusmu, lalu balaslah dia dengan mengomentari statusnya. Yah kalo ngga niat-niat amat bisa cukup klik "Like" aja, dia udah pasti suka.

Kecuali kalo ente ngetop dan semlohai seperti no 1 dan 2 di atas sih, aturan ini ngga berlaku banget ya. Tapi dari pengalamanku, banyak juga orang top dan cakep yang sudi membalas komentarku, lhooooooo.

6. Ente nyebelin ngga?

Nyebelin di sini, kelakuannya minus. Suka reseh sama status orang, komen yang menyerang, pasang status yang jelek-jelekin kalangan tertentu, sampe jualan kayak pedagang kaki 5 di wall orang. Manusia macam ini memang awalnya akan dibanjiri komentar, tapi komentar negatif pastinya. Dan sesuai hukum alam, orang yang nyebelin akan dijauhi. Boro-boro ada yang mau komentar di status orang nyebelin macam ini, ngga di-remove dari FB aja udah bagus lu!

7. Ente kapan pasang statusnya?

Kalo pasang status jam 2-4 malam, kecil kemungkinan akan ramai dikomentarin, sebab jam segitu kebanyakan orang pada molor. Paling yang komen ya temen yang tinggal di benua lain, atau sesama kelelawar. Atau pasang status pas magrib, lohor, jam makan siang, jam dimana orang cenderung cabut dari depan komputer dan agak males online di HP atau BB, sebab sibuk makan or sholat or jalan-jalan.

Kayaknya itu dulu, deh. Belum kepikiran yang lain. Lagian ngga pake mikir kok, cuma nulis seingetnya aja. Hehehe. Ada yang mau nambahin?

No comments: