Sunday, February 7, 2010

Lima Lagu yang Bikin Saya Makin Mencintai Hidup!

You are what you eat, you are what you read, you are what you listen. Makan, baca, dengar musik. Tiga aktivitas yang "gue banget"!

Sebenarnya ada satu lagi, nonton. Hanya nonton ini sepertinya belum terlalu vital buat saya. Makan, baca, dengar musik, adalah tiga hal utama di masa muda saya yang sering sekali dilakukan ketika sedang sendirian atau dengan teman-teman. Ketiganya merupakan faktor pembentuk pola pikiran saya di usia dewasa, yaitu hari ini.

Berikut adalah lagu-lagu yang sangat saya gilai di era usia belasan dulu, dan masih tetap menyentuh hati jika didengar lagi sekarang. Lagu yang secara lirik dan musik saya sukai. Dan dibanding lagu-lagu ini, rasanya musik lain adalah sampah belaka. Hahahahaha!

1. Estranged, Guns N Roses

Kalo bisa nangis, pita kaset album Use Your Illusion II ini pasti sudah nangis gerung2an akibat terlalu sering diputar oleh saya, abegeh sok radikal yang bermellow-ria di kamar. Pas banget sama lirik awalnya yang menohok hati kala itu:

When you're talkin to yourself
And nobody's home
You can fool yourself
You came in this world alone

Ah, suara Axl Rose emang gokil abis! Tapi era itu saya lebih suka Izzy Stradlin, sang rythm guitarist yang pendiam, selalu mojok kalau foto bersama, dan banyak menciptakan lagu-lagu hits GnR. Sedih juga akhirnya band ini bubar.

2. Nothing Else Matters, Metallica

Oh jelas ini lagu wajib geng saya di kampus dulu. Apalagi saya pernah ber-headbanger di stadion Lebak Bulus bersama gerombolan pecinta Metallica lainnya saat Lars Ulrich dan kawan-kawan konser di Jakarta! Kaos hitam, jeans ketat, rambut panjang, pasang muka cool, itu wajib hukumnya.

Bagian lirik yang saya suka adalah:

Never cared for what they say
Never cared for games they play
Never cared for what they do
Never cared for what they know
And I know

Hahaha, ya, saya berusaha ngga peduli sama omongan orang, kelakuan orang, sebab hanya saya sendiri yang tahu tentang diri saya. Dih egosentrik khas abegeh butuh pengakuan eksistensi ya!


3. Nothing Compares To You

Tampilan Sinnead O'Connor yang gundul bertato bikin saya salut. Dia cantik, pintar, tapi pemberontak dan berani tampil beda. Merobek foto Paus adalah kelakuan dia yang heboh abis dan super nekad. Tapi suara cewek Irlandia yang khas dan melengking ini bikin saya tergila-gila sama lagu ini. Sebenarnya yang saya maksud "nothing compares to you" adalah si Sinnead ini sendiri. Ngga ada yang bisa dibandingin sama si cantik botak ini deh zaman itu. Terakhir saya nonton di Oprah, Sinnead yang usianya mulai menua, sedang menjalani terapi gangguan mental. Oh no, untung saya ngga perlu mengalaminya. Jangan sampai.

4. I still Haven't Found What I am Looking For

Kenapa sih musisi Irlandia keren-keren? U2 bisa dibilang yang terkeren. Nonton video klip lagu ini, zaman Bono cs masih muda-muda benar-benar bikin darah mengalir deras. Era usia 20-an dulu saya memang masih belum menemukan apa yang saya cari-cari. Jadi lirik lagu ini pas banget deh!

I believe in the kingdom come
Then all the colors will bleed into one
Bleed into one
Well yes Im still running

Ya, walau belum menemukan yang saya cari, saya yakin saat itu pasti tiba. I am still running...hmm dulu saya masih punya banyak energi buat berlari sejauh dan secepat mungkin.


5. Sweet Child O'Mine

Whoa, Guns n' Roses lagi! Gimana ya, sayatan gitar Slash itu memangn sudah meracuni masa remajaku. Saya berkali-kali mimpi menyanyikan lagu ini di atas panggung, tapi ngga kesampean sampai sekarang. Kalau dengar Axl menyanyikan bait ini:

She's got a smile that it seems to me
Reminds me of childhood memories
Where everything
Was as fresh as the bright blue sky

Yang terbayang adalah Axl menyanyikannya untuk saya, seorang cewek kecil manis beranjak remaja. Halah, norak-norak bergembira! Pastinya, lagu ini selalu mengajak saya kembali ke masa kanak-kanak, masa saat segalanya sesegar dan secerah langit biru!

Itu saja? Mana mungkin! Pastinya banyak sekali lagu-lagu yang bikin saya kian mencintai hidup. Namun mustahil saya membahasnya semua. Nanti kalian muntah dan mati bosan membacanya. Jadi sementara itu saja dulu,. Next, saya akan mengulas buku dan film yang paling berkesan dalam hidup saya.

Okay, have a great weekend, guys! Silakan obrak-abrik kaset or CD lawasmu, dan bernostalgilalah bersamanya. Insya Allah itu akan membuatmu tetap muda dan penuh spirit! GOD GAVE ROCK N ROLL TO YOU! Enjoy it!

No comments: