Friday, November 19, 2010

Sisi Gelap Rock n Roll? Sisi Terang Persahabatan

Dua film sekaligus dalam 1 hari? Why not. I am a movie geek, if you want to know. Yang tergila sih waktu British Film festival beberapa tahun lalu, saya nonton 3 film medley tanpa jeda. Kelar 1 film, langsung antre pintu masuk film berikutnya.


Tadi siang nonton Harry Potter 7. Tapi entah film yang sebenarnya keren itu malah jadi hambar setelah sore ini nonton Pirate Radio, dari sebuah DVD bajakan original.
Pirate Radio, sesuai judulnya, berkisah tentang radio swasta liar yang melakukan siaran dari sebuah kapal, Radio Rock namanya. Pemerintah membenci mereka karena gaya siaran  mereka yang urakan, vulgar, menganut seks bebas. "The dark side of rock n roll," demikian ujar Gavin, salah satu penyiar andalan mereka.



Para penyiar Radio Rocks menghabiskan waktu di kapal, menyiarkan live keseharian mereka, dan itulah ciri khas radio tersebut. Bersetting tahun 1960-an, dihiasi banyak musik keren era itu seperti Rolling Stone, gaya urakan para penyiar, perjuangan mereka untuk melawan pemerintah yang ingin menutup Radio Rocks sungguh layak disimak.


Saya ngga terlalu terkesan sama pihak pemerintah yang moralis. Tapi perjuangan para personil Radio Rocks untuk tetap siaran walau sudah dinyatakan terlarang, itu yang luar biasa. Plus, mendadak kapal mereka karam akibat menabrak karang. Pemerintah berkeras tak mau memberi pertolongan, bahkan ingin mereka mati tenggelam.


Hmm sebenarnya itu semua bukan yang bikin saya terkesan.  Melainkan:
Para penyiar Radio Rocks ngotot bertahan hidup di kapal itu yang menggambarkan persahabatan luar biasa. Mereka adalah orang-orang terbuang dari "daratan", tinggal bersama sekian lama, hingga merasa tak mampu meninggalkan kapal yang bahkan nyaris tenggelam. 


Di menit-menit terakhir sebelum kapal tenggelam, para personil kapal memberi semacam testimoni mengenai masa-masa bersama mereka selama ini. Maka jika teman saya @planetmiring bilang film ini mengenai sisi gelap rock n roll, maka saya justru menyebutnya sebagai film tentang persahabatan yang sesungguhnya.


Apakah mereka akan mati tenggelam bersama?  Ah ngga seru kalo saya kasih tau kan. Silakan aja cari tau sendiri dengan menontonnya.


Oya, saat googling, tenyata film ini juga beredar dengan judul "The Boat That Rocked". Tapi DVD-nya di Indonesia berjudul "Pirate Radio". Para penyiar dan penyuka musik rock n roll 60-an, wajib nonton film yang dirilis pada November 2009 lalu ini. 


foto:http://goodboysparky.files.wordpress.com/2009/03/flyer.jpg

No comments: