Friday, March 19, 2010

Koboi Amrik Berbahasa Perancis?

Amerika dijajah Perancis? Haha, itulah yang terbersit di benak saya ketika menyaksikan Lucky Luke versi layar lebar, besutan sutradara James Huth. Bagaimana tidak, film dengan seting Amerika ini 100% dibawakan dalam bahasa Perancis tulen. Kenapa? Sebab memang pembuatnya orang Perancis, juga semua pemerannya. Bahkan lokasi syutingnya sendiri di Perancis dan Argentina. Pencipta tokoh Lucky Luke sendiri orang Belgia yang berbahasa Perancis, Morris. Dan komikusnya adalah Gosciny, komikus Asterix juga.

Sebagai pembaca setia semua serial karya Morris dan Gosciny, tentu saja saya wajib menonton film ini. Kayak apa Lucky Luke dalam bentuk manusia? Secara anatomi wajah, Jean Dujardin, aktor Perancis, memang pas betul menjadi koboi yang menembak lebih cepat dari bayangannya sendiri itu. Cuma, agak terlalu kekar, mengingat Luke yang akrab di pecinta versi komiknya digambarkan sebagai sosok begeng, tepos, kerempeng.


DI film berdurasi 104 menit ini, agak mengecewakan mereka yang tidak menguasai bahasa Perancis, sebab banyak dialog yang saya yakin akan jadi lebih lucu jika kita cerna dalam bahasa aslinya tersebut. Subtitle bahasa Inggris-nya kurang mengena dalam menerjemahkan sejumlah lelucon. Kalau mau melihat bagaimana koboi-koboi legendaris macam Calamity Jane, Jesse James, dan Billy The Kid tampil bersama, dalam bahasa Napoleon, nikmati saja film ini. Sebab dari sini saya yang sudah melahap semua serial komiknya pun baru tahu kenapa jagoan kita ini dipanggil Lucky Luke, padahal nama aslinya John Luke. Baru tahu juga bahwa ternyata ibunya orang Indian. Mungkin saya dulu terlewat pada detil-detil ini atau entah kenapa kok baru tahu dari film ini.

Oh ya, saya yang juga pecinta film Perancis ketimbang Hollywood juga senang ketika tahu pengucapan nama Lucky Luke dalam bahasa Perancis lebih mirip dengan pengucapan versi saya: bunyinya "luki luk", bukan seperti bahasa Inggris, "laki luk".

PS: akibat penasaran, saya segera nonton DVD-nya tadi, padahal rencananya baru mau nonton besok. Thanks buat Ajeng atas infonya ya :)

I am a poor lonesome cowboy, and a long long way from home...
foto:/webiswell.fr

No comments: