Wednesday, March 24, 2010

Hasil Googling Nama Sendiri: Saya Pencuri?

Beberapa hari lalu, saya iseng-iseng browsing, bernarsis ria sedikit meng-googling nama sendiri. Eh kok nemu blog yg isinya menuduh saya sebagai pencuri dan plagiat:http://www.rumahtulisan.com/21/10/2009/blogging/sudah-dicuri-dijual-pula.html

Di situ disebut bahwa pemilik blog, Anton Muhajir, merasa dirugikan karena saya mengutip data di blognya tanpa seizinnya untuk buku saya, UU ITE, Don't Be The Next Victim. Ya jelas saya kaget dong, sebab saya sudah menyertakan judul artikel dan link blog yang saya kutip di daftar pustaka buku itu.

Memang kesalahan saya adalah saya ngga minta izin dulu ke dia. Tapi selama ini setiap saya menulis artikel maupun buku, saya selalu mengutip dengan tetap menyebutkan sumber beserta link, walau tidak minta izin, dan tidak pernah ada masalah. Plus, di blog Anton itu dulu belum ada disclaimer bahwa siapapun yg mengutip tulisannya harus minta izin. (Disclaimer baru dia buat setelah kejadian..hahaha lucunya).



Ditambah lagi, bagian blog dia yg saya kutip juga bukan murni milik dia, melainkan dari web asing, 
http://cpj.org/reports/2009/04/10-worst-countries-to-be-a-blogger.php.

Nah, masalahnya kalo memang dia keberatan mestinya dia kirim email ke saya, sebab alamat email saya ada di buku itu. Dia bisa protes atau marah, maka saya akan dengan senang hati minta maaf ke dia. Termasuk kalau dia nagih bagian royalti buku yang memang sudah seupil. Ini pun super lucu, sebab bagian yang saya kutip itu cuma berupa data dan artikel yang bukan asli milik dia pribadi, tapi dia juga ngutip dari web yang sudah saya sebut di atas. Lha, dia sendiri waktu ngutip web luar negeri itu sudah minta izin juga belum ya??? Hihihi.

Dia ini, tanpa pernah menghubungi saya, dia sudah posting di blognya dan mengatai saya pencuri, lengkap dengan foto cover buku saya yang ia tuduh "mencuri" karyanya.

Dia juga menuduh saya mengakui "hasil karyanya" sebagai karya saya. Lho, aneh, kan saya sudah mencatumkan judul tulisan dan link blog dia di daftar pustaka.

Selain di blog, yang diposting sejak Oktober 2009 dan sudah dibaca banyak orang yang menjadi mengira saya adalah pencuri dan plagiat, Anton juga memosting tuduhannya ke milis Forum Pembaca Kompas. Jadi dia sudah mencemarkan nama saya dengan tuduhan tak beralasan, serta fitnah.

Saya sudah mengemail dia secara pribadi, minta agar dia menghapus postingannnya di blog, sebab itu sangat merugikan saya. Saya bersedia minta maaf atas pengutipan tanpa izin walau sudah menyebutkan sumbernya, bahkan menawarkan share royalti atas secuil tulisan dia yang juga mengutip dari web lain itu jika dia menginginkannya. Namun sejauh ini tidak ada tanggapan apapun. Blognya yang berisi tuduhan saya pencuri masih tetap ada, begitu juga postingan dia di milis.

Hmm, yang seperti ini apakah sudah masuk dalam pelanggaran UU ITE, atau KUHP pasal pencemaran nama baik ya? Tuduhan dia yang mengatakan saya pencuri itu tergolong FITNAH kah?
Bagaimana menurut teman-teman?

6 comments:

Restituta Arjanti said...

tetap semangat ya, mer!

antonemus said...

http://www.rumahtulisan.com/04/04/2010/blogging/saya-tak-pernah-menuduhnya-sebagai-pencuri.html

Merry Magdalena said...

Kasus yang saya tulis di ini sebenarnya ditindaklanjuti denan japri email antara saya dan Anton Muhajir.
Dan salah satu bagiannya adalah saling memaafkan satu sama lain, seperti saya copy di bawah.

From: This sender is DomainKeys verified"Anton Muhajir" Add sender to Contacts
To: "Merry Magdalena" Friday, March 26, 2010 6:22 AM
Saya tidak pernah menghubungi Anda sama sekali. Saya mengakui ini sebagai kesalahan kalau Anda memang mengatakan demikian. Saya minta maaf karena itu. Tapi saya tidak pernah menjelek2an nama dan menuduh Anda sebagai pencuri. Saya juga tidak tahu bagian mana dari UU ITE yang saya langgar.

Dan saya balas:


"Merry Magdalena" Add sender to Contacts
To: antonemus@yahoo.com
Friday, March 26, 2010 10:33 AM
Oh ya Anton yth,
Ada yang terlupa: permintaan maaf saya sudah mengutip tanpa izin walau menyebutkan sumber dan link blogmu. Akan jadi pembelajaran buat saya bahwa memang sebaiknya kalau mengutip data langsung ke sumber aslinya dan berurusan sama mereka langsung, bukan hasil terjemahan atau kutipan dari blogger pengutip juga.
Saya juga menghargai anda yang sudah minta maaf ke saya terkait publikasi anda di blog dan milis yang agak mencemarkan nama baik saya.


Eh ternyata dia masih belum terima, dan pada 4 April 2010 masih menulis di blognya: http://www.rumahtulisan.com/04/04/2010/blogging/saya-tak-pernah-menuduhnya-sebagai-pencuri.html.

Hmm ternyata saling memaafkan memang bukan jaminan ya. Alangkah lucunya manusia.

elmoudy said...

wah harusnya gak perlu sampai segitunya ya..
kalau hanya mengutip tulisan orang, dan sudah dicantumkan sumbernya.. tidak melanggar etika kok. Sudah bener menurutku.

Kalau harus sampai menuduh yg gak-gak (pencuri).. beghh.. berlebihan banget.

http://elmoudy.com

Andi Eko Nurhadiyanto said...
This comment has been removed by the author.
andi said...

Tetap semangat mbak .. hal kecil emang suka dibesar - besarkan, akan tetapi hal yang besar seringkali ditutup - tutupi. :)