Thursday, June 3, 2010

Down? Bangkitkan Cita-cita Masa Kecilmu!

Caption: Tuliskan semua daftar cita-citamu, niscaya seluruh alam raya akan membantumu mewujudkannya. Ini hanya salah satu contoh list yang saya buat 

*Setiap kali merasa down, kenanglah masa kecilmu. Ingat-ingat lagi, impian apa yang belum kau wujudkan. Seperti dicambuk, kamu akan terlecut oleh spirit yang luar biasa!*


Kalimat di atas bukan kutipan motivator top, melainkan saya alami sendiri. Semingguan kemarin saya merasa down berat, kehilangan spirit menjalani rutinitas. Tiga naskah yang sudah saya tuntaskan sejak berbulan-bulan lalu masih mendek di proses pembuatan cover penerbit, beberapa kerjasama editing dengan klien agak tersendat, dan menulis di media pun bikin saya kecewa. Plus bukti nyata bahwa saya bukan pengajar yang baik, hanya bisa menulis tapi lumpuh berbicara di hadapan publik. Nah, sudah cukup kan semua itu bikin down? 

Bosan menulis, ujar saya kepada beberapa karib. Kalau gitu, nggambar enak kali ya? Eh, saya kan dulu di SMP pernah aktif di majalah dinding (mading) sekolah, bikin komik strip Si Pion dan Si Uler. Di SMA juga sempat bikin koran fotokopian DeadLine yang menghadirkan tokoh komik strip Meta dan Lica, sepasang kekasih metal yang rambutnya awut-awutan dan mata ketutupan poni.

Isenglah saya menggambar lagi. Hanya kali ini tidak dengan spidol seperti dulu, melainkan pakai mouse dan MS Paint yang ada di laptop saya. Eh, kok enak? Eh, kok bisa? Eh, kok pas saya upload ke FB dikomentari positif sama teman-teman? Ndilalah, jadi makin pede ketika muncul ide bikin tokoh komik strip bernama Merce, Si Penulis Satir. 

Ah ya, semua gara-gara hadirnya Dilbert, komik strip buatan Scott Adam yang luar biasa itu. Saya kagum bagaimana gambarnya bisa sangat rapi, lagi konsisten. Mengeklik webnya, eh dijual juga merchandise bergambar Dilbert, mulai dari mug sampai topi dan mousepad.

Impian masa kecil itu menyeruak lagi. Ingin punya tokoh kartun yang disukai banyak orang, bahkan sampai ada merchandise-nya! Itu kan impian masa kecil saya dulu!

Terimakasih, alam raya, kau sudah membangkitkan impian masa kecil itu, dan bikin spirit saya kembali!
Saya mau lanjutkan belajar komik strip, menggambar di komputer, mencari software komik, dan menanti seseorang spesial memberi saya hadiah graphic tablet agar bisa menggambar di komputer lebih oke lagi Berguru pada beberapa teman yang paham pembuatan komik juga akan saya lakukan.

Buat kamu yang lagi down, ayo ingat kembali apa impian masa kecilmu, dan wujudkan itu, SEKARANG!

1 comment:

Anonymous said...

Keren....
nice words...
salam kenal...
ditunggu kunjungan baliknya.